Jendela Mataku

ERRINA DWI YULIANINGSIH

Sabtu, 09 September 2017

Alam Jombang

Air Terjun Coban Selo Lapis - Wonosalam - Jombang

Air Terjun Selolapis


Kecamatan Wonosalam adalah wilayah pegunungan di Kabupaten Jombang. Wonosalam bersuhu sejuk seperti halnya kota Batu di Malang. Potensi wisatanya sangat besar, baik dari alam maupun agrowisatanya. Obyek wisata menyebar di seluruh wilayah. Pengembangan wisata Wonosalam belum lama berkembang, sehingga masih perlu banyak pembenahan.

Bagi pembaca yang suka petualangan alam, Coban Selolapis bisa jadi obyek wisata pilihan untuk dikunjungi. 

Air Terjun Selolapis terletak di lereng gunung Selo Ringgit, Dusun Mendiro, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Propinsi Jawa Timur, Indonesia. Nama Selo  lapis diambil dari bahasa jawa yang berarti batu lapi, Ini merujuk kepada air terjun kedua yang mengalir dari tebing batu. Tebing itu nampak seperti susunan batu berlapis-lapis. Batuan berlapis atau tepatnya batuan yang berstrata, berbentuk pipih lebar, banyak ditemukan di sekitar air terjun. Membuka ingatan saat kuliah Geomorfologi tiga puluh tahun yang lalu; batuan ini dari morfologinya seperti batuan metamorfosis; dan dari tekstur dan warnanya seperti batuan beku. Dilokasi Cuban Selo Lapis, rasa lelah karena menempuh perjalanan ± 30 Menit, akan terbayarkan dengan keindahan tebing bebatuan dan air terjun setinggi 15 meter. Sesuai dengan namanya Selo yang diambil dari bahasa jawa yang berarti batu dan lapis yang artinya susunan atau deretan, bebatuan di Selo Lapis membentuk susunan yang indah dengan perpaduan pepohonan yang tinggi dan rindang, seolah menawarkan ketenangan dan kesejukan diiringi alunan gemericik air yang jatuh di bebatuan.

 
pintu masuk coban selapis
Dari jalan raya Wonosalam – Pacet, petunjuk menuju air terjun cukup jelas, dengan jalanan pedesaan beraspal dan makadam, atau tanah. Lingkungan pedesaan dipenuhi tanaman kebun campuran, terdiri durian, cengkeh, kakao, kopi, pete, alpukat, kemiri, jengkol dan pala. Lokasi air terjun berada dalam hutan dalam pengelolaan Perhutani. Pengelolaan wisata Coban Selolapis dilakukan oleh kelompok masyarakat (SEDOV,Self Development and Motivation-SEDOV) bekerjasama dengan Perhutani.


Begitu tiba di air terjun, suara dari derasnya air seolah menggema. Ruang atau luas area air terjun tidak lebih 100 meter persegi, memang tidak besar sehingga menciptakan gema suara. Yang unik adalah ada dua air terjun, yakni dari tebing setinggi 8 - 10 meter dengan arus sangat deras; dan dari tebing batuan setinggi 5 meter dengan arus lembut memancar. Jadi ada dua air terjun pada lokasi yang berdekatan. Setelah saya mencermati peta, kiranya ini berasal dua sungai, sungai utama dengan arus yang deras, dan anak sungai dengan arus yang lembut melewati batu. Dua sungai ini kemudian menyatu hingga ke hilir melewati kota Mojokerto bermuara ke sungai Brantas.
air terjun wonosalam

indahnya selolapis

air terjun selolapis

wonosalam


 

0 komentar:

Posting Komentar

Welcome To Jendela Mataku

Donat Ala Jombang

Cari Blog Ini

Slider

Text Widget

Blogger Pages