Jendela Mataku

ERRINA DWI YULIANINGSIH

Rabu, 06 September 2017

Seputar Jombang

Serba-Serbi Jombangku

Jombang adalah salah satu kota kecil yang ada di Jawa Timur.Tidak banyak orang mengenal kota ku tercinta Jombang, lewat blog ini akan ku perkenalkan seputar kota tercinta ku Jombang. 
oke kawan blogger langsung saja sedikit informasi mengenai kota ku tercinta Jombang sudah muali kepo kan...???wajib kepoin Jombang yang luar biasa.
monumen jombang

ringin contong jombang
Definisi

Jombang dikenal dengan sebutan Kota Santri, karena banyaknya sekolah pendidikan Islam (pondok pesantren) di wilayahnya.Bahkan ada pameo yang mengatakan Jombang adalah pusat pondok pesantren di tanah Jawa karena hampir seluruh pendiri pesantren di Jawa pasti pernah berguru di Jombang. Di antara pondok pesantren yang terkenal adalah Tebuireng, Denanyar, Tambak Beras, Pesantren Attahdzib (PA), dan Darul Ulum (Rejoso).
Banyak tokoh terkenal Indonesia yang dilahirkan di Kabupaten Jombang, di antaranya adalah Presiden Republik Indonesia ke-4 yaitu KH Abdurrahman Wahid, pahlawan nasional KH Hasyim Asy'ari dan KH Wahid Hasyim, tokoh intelektual Islam Nurcholis Madjid, serta budayawan Emha Ainun Najib dan seniman Cucuk Espe.
Jombang juga punya ssemboyan loh kawan...!!! semboyanya adalah Jombang Beriman yang artinya Jombang Bersih Indah dan Nyaman.semboyan ini sudah banyak yang mengenal loh kawan,kwan blogger juga dapat menjumpainya pada monumen di Jombang yaitu monumen Ringin Contong.Ya biar gak kepo mimin mau kasih gambar monumen Ringin Conton.Gimana guys nampak kan semboyannya Jombang😃.

 Keagamaan

oh ya kawan blogger ngomongin keagamaan di kota Jombang termasuk kota yang toleran lohh...!!!😰 sebab di kota Jombang tedapat banyak ragam keagaaman yng saling berdampinga.contohnya aja nih mimin kasih gambar beberapa tempat ibadah di Jombang.

   1. Kelenteng Hok Liong Kiong Di Kota Jombang 


klenteng hok liong kiong jombang
Kelenteng Hok Liong Kiong Kelenteng ini berada di pusat kota    tepatnya di Jalan R.E.Martadinata no 72  - Jombang.Berada di tepi jalan raya, bangunan gerbang kelenteng ini cukup menarik perhatian. Pada bagian tengah gerbang di sisi depannya terdapat ornamen bergambar Yin Yang, Swatika dan genta Rohani sebagai  Lambang Tri Dharma.Di klenteng ini banyak sekali kegiatan yang dilakukan disana dan jugasering partisipan seperti ada kegiatan kabupaten dan menampilkan segala budaya-budaya klentengnya seperti leang-leongnyadan juga barong shainnya.

  2. Masjid Agung Baitul Mukminin


masjid jami' jombang
Masjid Agung Baitul Mukminin adalah masjid agung yang ada di kabupaten Jombang dan menjadi pusat kegiatan ibadah pemerintah kabupaten dan masyarakat Jombang. Terletak di sisi barat Kabupaten Jombang dan berseberangan dengan kantor bupati Jombang, masjid ini telah mengalami pemugaran beberapa kali dan terakhir adalah diresmikan oleh mantan Kapolri Jenderal Timur Pradopo yang merupakan putra daerah Jombang.
   

3. Gereja Kristen Jawi Wetan Mojowarno


Mojowarno adalah kecamatan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Indonesia. Kecamatan ini terletak di sebelah selatan Kecamatan Mojoagung.
gereja mojowarno

Majelis agung gereja Mojowarno pada tahun 1930-an. Di Mojowarno berdiri Greja Kristen Jawi Wetan (GKJW) yang beraliran Calvinisme pada tanggal 3 Maret 1881. Di kecamatan ini juga berdiri salah satu bangunan gereja Kristen Protestan tertua di Indonesia. Tidak mengherankan, kecamatan ini memiliki populasi kristen terbanyak di Kabupaten Jombang. Merupakan gereja tertua di Jombang, gereja ini menjadi pusat penyebaran agama Kristen Protestan pada jaman Belanda.Gereja ini sekarang juga banyak didatangi umat selain kristiani sebagai tempat wisata hunting foto,sebab tempat ini menarik dan juga bersejarah.Gereja ini juga banyak dijadikan pusat kegiatan masyarakat Mojowarno pada acara tertentu.




 Taman Kota

Kota tanpa taman kota ya bagai sayur tanpa garam dong ya guys....!!!😅 nah kali ini mimmin mau kasih info tentng beberapa taman kota di Jombang ya siapa tau agan dan sista mau berkunjung dan rehat di Jombang sekalian hunting foto di taman kota pastinya😊😊


  1. Kebon Rojo Jombang



pintu depan kebon rojo
Di area ini agan dan sista akan menjumpai berbagi wahana bermain anak-anak,taman hijau,pujasera,tempat olahraga dan masih banyak lohh...!!!makanya dateng dan kepoin sendiri kota Jombangnya.Alamat Kebon Rojo Jombang berada di Jln KH.wachid hasyim  , Kabupaten  jombang , Provinsi jawa timur .Kalau bingung cariaja di maps kan hp.nya canggih yaa😁.



   2.Alun-Alun Kota


alun-alun jombang

Kota pastinya punya alun-alun kota ya guuys...kan lucu kalau tidak punya alun-alun kota,coba lihat keren kan lapangan hijaunya??motifnya akan berubah seiring bergantinya acara dan moment di Jombang nantinya.
Lokasinya tepat di seberang Stasiun Kereta Jombang. Sambil orang tua duduk santai menghirup udara pagi, anak-anak bisa memberi makan burung merpati putih yang jumlahnya (mungkin) ribuan di alun-alun ini. Untuk pakan burungnya bisa membawa jagung kering, beras atau kalau lagi banyak duit bisa pake roti.
Di sebelah selatan alun-alun, ada stasiun kota. Stasiun ini menjadi begitu sentral di kota ini. Apa sebab? Melalui stasiun inilah, zaman dulu, sebelum ada transportasi komersial, sarana perdagangan dari berbagai kota bisa sampai di sini.


  3. Taman Keplak Sari

 Taman Keplaksari Jombang - Taman Keplaksari merupakan taman yang dikenal dengan ruang terbuka hijau ( RTH ) jombang. Taman ini berlokasi di Desa Keplaksari, Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Untuk akses transportasi sangat mudah, karena dekat dengan terminal jombang dan berada di pinggir jalan raya provinsi Surabaya-Jombang.

Wisata Taman Keplaksari Jombang ini bisa kamu jadikan tujuan rekrasi alternatif untuk mengisi liburan. Selain nuansa taman yang alami dan asri serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gazebo, tempat parkir, dll pengunjung juga tidak ditarik biaya tiket masuk.Ayo buruan yang suka gratisan mampir lohh tempatnya asri indah loh..!!meski gratis jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan ya kawan,kan Jombang Beriman ingat kan Bersih Indah dan Nyaman😊😀.biaar gak kepo mimin punya gambar-gamabrnya biar makin kepincut😜

keplak sari jomabang

taman keplak sari jombang

monumen RTh

taman RTH

taman RTH

monumen pesawat RTH





Sebenernya masih banyak banget fasilitas yang disuguhkan silahkan datang dan buktikan sendiri keindahan kota Jombang di taman keplak sari RTH🙆😊.
Satu lagi nih kawan dari mimin sebagai penutup informasi seputar kota Jombang dari mimin mengenai tempat populernya Jombang yakni tempat ziarah namun juga banyak yang menjadikan tempat wisata,ayo siapa yang pernah dengar??
makam Gus Dur
makam Gus Dur
Makam Gus Dur ya makam mantan presiden kita tak pernah sepi dari para pengunjung ziarah maupun wisata religi.

Gus Dur merupakan cucu dari pendiri Nahdatul Ulama (NU), salah satu  organisasi Islam terbesar di tanah air. Ia juga pernah menjadi Presiden RI keempat tahun 1999 sampai 2001. Gus Dur kemudian meninggal dalam usia 69 tahun akibat sakit dan dimakamkan di area Pesantren Tebu Ireng, Jombang. Di lingkungan tersebut pula dimakamkan keluarga besar Abdurrahman Wahid.Tempat wisata di Jombang ini merupakan lokasi yang menarik untuk dikunjungi pada musim liburan nanti. Ayo berkunjung ke Jombang!Lokasinya juga cukup mudah dan terjangkau yaitu di Desa Cukir, Diwek, Jombang kawasan Ponpes Tebu Ireng.

0 komentar:

Posting Komentar

Welcome To Jendela Mataku

Donat Ala Jombang

Cari Blog Ini

Slider

Text Widget

Blogger Pages